Nasi Tutug Oncom Khas Kota Tasikmalaya

Tutug Oncom berasal dari bahasa sunda, tutug artinya campur/ aduk, dan oncom adalah olahan kacang kedelai yang dipermentasikan dengan ragi seperti tempe, tahu dan olahan kacang kedelai lainnya, Oncom sendiri dalam bahasa jawa biasa disebut dage, dengan demikian nasi tutug oncom berarti oncom yang dicampur nasi hangat. Agar dapat menikmati sajian nasi tutug oncom yang enak dan nikmat, dapat ditambahkan dengan sambal lalapan dan ayam goreng, bakar ayam dan goreng telor.

Komposisi bahan dasar oncom sangat beragam, mulai dari oncom ampas tahu, oncom jagung, oncom ketela, oncom kacang (oncom bandung), selain berbeda komposisinya harganya pun bermacam-macam sesuai komposisi bahan dasar oncom, mulai dari 1.000 sampai 5.000. Pepatah bilang harga tidak pernah membohongi kualitas barang, termasuk oncom.

Pada awalnya oncom hanya dinikmati oleh perorangan untuk santapan sehari-hari, diantaranya tumis oncom, sayur oncom, sambal goreng oncom dan nasi tutug oncom, seiring berjalannya waktu nasi tutug oncom mulai diminati dan menjadi lahan usaha, sehingga sebagian dari mereka mulai berjualan nasi tutug oncom.

Perkembangannya pun semakin pesat, selain rasanya enak, harganya pun terbilang sangat ekonomis dan dapat dijangkau oleh semua golongan, terutama para pelajar dan mahasiswa yang hidup merantu, dengan alasan hemat biaya sehingga nasi tutug oncom menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya.

Bukan saja didaerah sunda, nasi tutug oncom merebak seperti jamur dimusim penghujan, hampir disetiap daerah khususnya jawa barat sudah dapat anda jumpai warung nasi tutug oncom, dan rumah makan yang menyediakan menu nasi tutug oncom. Selain menyediakan menu nasi tutug oncom, mereka juga menyediakan bumbu tutug oncom siapsaji

Selain harganya murah, nasi tutug oncom adalah makanan khas yang tidak dapat lekang oleh waktu, sehingga keberadaanya akan selalu dinanti, adapun menu nasi tutug oncom bervariasi mulai dari nasi tutug oncom biasa, nasi tutug oncom ayam goreng dan bakar, nasi tutug oncom telor goreng dan lain-lain, ditambah dengan lalapan dan sambal yang membuat nafsu makan bertambah.

Menu diatas berdasarkan harga yang sudah ditentukan penjual, biasanya harga nasi tutug oncom mulai dari 4.000 sampai 6.000, nasi tutug oncom ayam mulai dari 11.000 sampai 15.000 dan nasi tutug oncom telor goreng mulai dari 8.000 sampai 10.000, hal ini tergantung dari para penjual yang memberi tarif harga. (pesan : bumbu to siapsaji citrarasa rasa pedas dan rasa original)

citrarasa


Subscribe to receive free email updates: