Empal Gentong Khas Kota Cirebon

Hai penggemar kuliner nusantara, pastinya tidak bosan-bosan membahas kuliner khas nusantara yang memiliki cita rasa nikmat dan lezat, yah, indonesia terkenal memiliki kekayaan alam rempah alami yang berlimpah, saking melimpahnya sampai negara tetangga pengen menguasainya, disebabkan kesuburan tanah mereka tidak sesubur tanah air kita indonesia tercinta. betul..betul,,betul.

Salah satu ciri khas nusantara yang terkenal lezat dan nikmat adalah empal gentong khas cirebon yang sudah tidak diragukan lagi rasanya, selain enak rasanya, empal gentong memiliki daya tarik tersendiri yaitu pada racikan bumbu alami yang membuat selera makan makin bertambah dan bertambah, membayangkan saja sudah begitu menggoda apalagi merasakannya wah pasti dijamin ketagihan.

Empal gentong berasal dari dua kata yakni empal yang artinya irisan tulang kecil yang disayur / gulai dan gentong yang yang artinya wadah gerabah terbuat dari tanah liat yang dibakar membentuk wadah umumnya berbentuk bulat berwarna coklat merah bata. sehingga empal gentong berarti sayur daging tulang masakan gulai yang disimpan dalam gentong.

Aroma masakan yang disajikan dalam wadah gentong atau selain panci, alumunian dan besi memiliki khas tersendiri, selain nikmat aromanya sangat lezat, apalagi dituangkan dalam keadaan panas, biasanya empal gentong disajikan bersama nasi putih hangat dan kerupuk ditambah sambal sungguh nikmat dan lezat.

Empal gentong dapat anda nikmati diseluruh pelosok kota cirebon, selain murah harganya cepat sajiannya, tidak memerlukan waktu berjam-jam untuk mendapatkannya, karena bisanya empal gentong sudah tersedia didalam wadah, ketika anda membelinya tinggal disajikan.

Empal gentong dapat dinikmati pada waktu pagi, siang dan malam hari, karena aroma daging yang begitu terasa membuat nafsu makan bertambah. harganya pun relatif murah mulai dari Rp. 20.000,- sampai Rp. 30.000,-, anda sudah dapat menikmati empal gentong khas kota cirebon.

Seiring berjalannya waktu, empal gentong menyebar ke seluruh pelosok nusantara, mulai dari wilayah jawa barat, dan luar pulau jawa, hebat yah, selain itu layanan online delivery juga banyak tersedia, memang jaman sudah canggih yah, maju terus empal gentong khas kota cirebon. (baca juga makanan khas Tasikmalaya : Nasi TO)

http://tocitrarasa.blogspot.co.id/
Empal Gentong

Subscribe to receive free email updates: