Arti Merk Citrarasa
Merk adalah brand perusahaan yang memiliki arti atau filosofi gambaran masa depan, merk atau nama suatu produk harus bagus dan sesuai dengan produk yang dibuatnya, misalnya perusahaan motor salah satunya yaitu honda. Honda adalah merk perusahaan yang memiliki hak paten tidak semua orang bisa memakai merk tersebut, apabila diketahui ada yang memakai merk tersebut tanpa seijin perusahaan honda maka bisa berisko patal. bahkan bisa masuk jeruji penjara, atau denda senilai uang yang diminta perushaan honda, jumlahnya tidak sedikit bermilyar - milyar.
Selain perusahaan honda ada juga yang lainnya dari produk makanan dari mulai makanan siapsaji sampai makanan instan yang sudah banyak sekali beredar di indonesia, dari mulai bumbu siapsaji sampai makanan berat yang dikemas menggunakan berbagai kemasan dari mulai kemasan plastik, botol dan lainnya, dan merknya pun sangat banyak sekali jika dihitung jumlahnya mencapai jutaan merk produk yang sudah ada dipasaran.
Dari nama merk produk yang kita buat, tentu mengandung arti dan makna tersendiri yang dapat mewakili dari produk tersebut, dan merk harus sesuai dengan produk yang kita buat, agar dapat serasi antara nama merk dan produknya. misalnya honda memiliki seri merk yang banyak sekali dari mulai bektu, legenda, supra sampai yang keluaran terbaru lexi yang mirip dengan buatan yamaha nmx, semua itu mengandung arti dan makna, misalnya supra yang artinya kuat, power dan jaya. dengan maksud pemilihan merk supra adalah bertujuan agar motor tersebut kuat tidak mogokan, melaju kencang dan lainnya.
Begitupun dengan merk makanan yang kita buat, seperti citrarasa yang memproduksi bumbu tutug oncom kemasan, mengandung arti wujud nyata dari rasa khas nya tutug oncom yang sangat populer dijawa barat, citrarasa sendiri terdiri dari dua kata, citra yang artinya wujud nyata, rasa artinya kemampuan alat indera lidah mengecap atau memakan makanan yang nempel dilidah. Citrarasa ingin mewakili rasa khasnya nasi tutug oncom asli yang berasal dari jawa barat.
Asli dari bahannya, tradisional pembuatannya dimulai dari pemilihan oncom, rempah-rempah alami dari mulai bawang putih, bawang merah dan kencur, juga bumbu penyedap lainnya seperti garam dapur, selain pemilihan bahan, citrarasa juga ingin menjaga khas dari rasa yang dihasilkan dari pengolahan atau racikan bumbu tutug oncom yang enak dan khas.
Namun semua itu kembali lagi kepada selera para pembuat produk dalam menafsrikan merk yang mereka buat, dari kata citrarasa saja banyak sekali yang memiliki arti berbeda bahkan tidak sama, namun bagi kami citrarasa mengandung arti rasa nyata, rasa khas dari tutug oncom makanan khas jawa barat yakni kota tasikmalaya, sehingga ketika anda memilih produk kami, anda akan mendapatkan rasa yang tepat rasanya dan khasnya.
Dari filosofi nama merk citrarasa, tentu kami memiliki impian besar, supaya produk kami dapat berkembang maju dan dapat menyerap tenaga-tenaga yang mebutuhkan pekerjaan, sehingga bukan hanya filosofi merk kami yang artinya wujud rasa namun juga dapat berkontrubusi merekrut karyawan sebanyak-banyaknya, yang secara tidak langsung memiliki arti mewujudkan apa yang selama ini dibutuhkan semua orang.
Dari uraian diatas tersebut, sudah tentu kita dapat menarik kesimpulannya bahwa suatu nama merk memiliki arti dan makna yang sangat dalam artinya, selain menggambarkan produk juga pencapaian masa depan yang akan dicapai, sederhana namun tidak sembarangan karena merk tidak dapat dianggap sepele, merk dilindungi undang-undang atau yang kita sebut hak paten. Siapapun yang menggunakan merk hak paten orang lain dapat dikenai pasal pelanggaran undang-undang yang berlaku.
Jadi bagi anda yang baru memulai usaha atau yang sudah berjalan, pelajari lagi merk yang anda akan gunakan jangan sampai ada yang sama dengan orang lain, sehingga menjadi masalah dimasa yang akan datang, merk yang kita gunakan harus sesuai dengan produk, jika produk makanan gunakanlah merk yang berhubungan dengan rasa, dan lainnya, jika anda memproduksi selain makanan gunakan merk yang sesuai dengan produknya.