Nasi Tutug Oncom Jawa Barat

Nasi tutug oncom adalah makanan khas daerah Kota Tasikmalaya,  tepatnya di Priangan Timur Jawa Barat, sesuai asalnya nasi tutug oncom merupakan berasal dari dua kata yang berarti tutug (campur), dan oncom (olahan kacang kedelai), kalau dijawa biasa disebut dage. Sehingga makna nasi tutug oncom adalah nasi yang di campur/ aduk dengan masakan oncom, meskipun olahan oncom sangat banyak sekali.

Dari  mulai goreng oncom, pepes oncom, bakar oncom, tumis oncom, sayur oncom dan lain-lain, termasuk nasi tutug oncom, ciri khas dari nasi tutug oncom sendiri adalah rasa cikur yang sangat menggoyang lidah, sensasai rasa hangat dan seger menggoyang lidah anda yang memang pecinta dan penikmat nasi tutug oncom.

Nasi tutug oncom sendiri memiliki khas pada sajiannya, seperti sambal hejo, asin teri, lalapan (daun kemangi, leunca, mentimun), dan lainnya, ciri khas yang sangat melekat pada nasi tutug oncom adalah daun kemangi, sambal hejo dan asin teri sehingga tercipta rasa asin gurih pedas manis yang menggoyang lidah.

Di daerah asalnya yakni kota Tasikmalaya, nasi tutug oncom banyak sekali para pedagang yang menjualnya, dari mulai kelas roda dua, lesehan, warung nasi, sampai restauran pun ada, sehingga apabila anda sedang berkunjung di daerah kota Tasikmalaya tidak perlu bingung mencari nasi tutug  oncom makanan khas orang sunda tersebut.

Namun bagi anda yang sedang berkunjung di daerah Kota Banjar Jawa Barat, tidak perlu bingung mencari nasi tutug oncom, datang saja ke jalan tentara pelajar jalur graha banjar indah (GBI), depan kantor arsip bank bjb kota banjar, selain harganya murah, nasi tutug oncomnya sangat enak, selain itu juga tempatnya ramai, anda tidak perlu khawatir kemalaman jika mau  makan di lesehan nasi tutug oncom citrarasa kota Banjar Jawa Barat  tersebut. Bagi anda yang berada diluar kota bisa pesan bumbu tutug oncom siapsaji citrarasa


citrarasa

Subscribe to receive free email updates: