Resep Ayam Bakar Sawargi

Kota Tasikmalaya selain dikenal sebagai kota santri Kota Tasikmalaya juga dikenal sebagai kota modern, kenapa saya bilang begitu? Selama hampir 10 tahun saya tinggal dikota tersebut banyak yang saya ketahui tentang Kota Tasikmalaya, diantaranya Kota Santri, Kota Pendidikan, Kota Bisnis, dan yang lebih mengejutkan adalah kota kulinernya.

Seperti yang saya ketahui dunia kuliner dikota Tasikmalaya sangat banyak sekali macamnya, dari mulai makanan khas sampai makanan modern, salah satu makanan khasnya adalah nasi tutug oncom yang sangat terkenal dari sabang sampai merauke, khususnya orang priangan (Bandung, Sumedang, Purwakarta, Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran) pasti mengenal dan selalu menikmati nasi tutug oncom tersebut. Untuk dapat menikmati nasi tutug oncom dengan tanpa ribet masak silahkan pesan (Tutug oncom Citrarasa khas Tasikmalaya).

Selain nasi tutug oncom, ada juga ayam bakar yang cukup terkenal yaitu ayam bakar sawargi yang sudah menjamur di luar kota tasikmalaya, selain enak harganya juga murah meriah, walaupun tergantung penjual mengenakan harga sesuai keinginannya. dari harga mulai 25.000 sampai 50.000 per ekor, sudah termasuk sambal dan lalapannya.

Nah bagi anda yang ingin membuat sendiri ayam bakar seperti sawargi saya kasih tahu resepnya, sehingga anda dapat menyajikan ayam bakar yang enak untuk dihidangkan bersama keluarga, teman, dan acara lainnya, adapun resepnya sebagai berikut :
Bahan Bumbu
1. Daun Salam
2. Daun Suruh
3. Laos
4. Kunyit
5. Bawang putih
6. Bawang merah
7. Jahe
8.  Garam
9. Gula Putih
10. Masako
11. Cabai (yang suka pedas)

Bahan Pokok
1. Ayam 1 kg
2. Brokoli
3. Kecap

Cara Buat Bumbu Rebus
1. Panaskan air sampai mendidih
2. Lembutkan bumbu semua yang diatas, lalu masukan kedalam air yang mendidih
3. Setelah mendidih masukan ayam  yang  sudah dibersihkan
4. Tunggu sampai mendidih
5. Tiriskan ayam yang sudah matang sampai kering 

Cara Buat Kecap Bakar
1. Blender kacang tanah, sedap rasa, cabai, jahe, tomat, dan lain-lain
2. Tumis bumbu diatas sampai mendidih
3. Tambahkan kecap dan aduk sampai rata
4. Tunggu sampai mendidih dan dinginkan

Setelah semuanya selesai, siapkan  kayu bakar untuk membakar ayam, tunggu sampai menjadi bara, siapkan ayam lalu bakar ayam sambil diolesi kecap bumbu bakar yang sudah anda buat sambil dikipas, bakar terus ayam sampai kering tidak berair, setelah matang siapkan bumbu kecap yang sudah disiapkan, selamat menikmati.  Nah anda sudah membuat ayam bakar ala sawargi yang enak dan mantap. Semoga bermanfaat.

https://tocitrarasa.blogspot.co.id/
Resep Ayam Bakar Sawargi


Subscribe to receive free email updates: